Jumat, 24 September 2010

IKATAN KOVALEN

1. IKATAN KOVALEN POLAR, IKATAN KOVALEN NONPOLAR DAN IKATAN KOVALEN KOORDINASI

Ikatan kovalen yang dalam dalam bahasa Inggris disebut “covalent bond”. Covalent merupakan gabungan dari 2 kata yaitu co dan valent. Co berarti bersama-sama, berkolega dan kalimat lain sejenisnya. Sedangkan valent tak lain adalah valensi. Jadi co-valent bond (ikatan kovalen) adalah ikatan yang terjadi karena adanya pemakaian pasangan elektron secara bersama

A. Ikatan kovalen polar

Ikatan kovalen yang terjadi antara dua atom yang berbeda disebut ikatan kovalen polar.ikatan kovalen polar dapat juga terjadi antara dua atom yang sama tetapi memiliki keelektronegatifan yang berbeda.

Contoh HF

Dalam senyawa HF ini, F mempunyai keelektronegatifan yang tinggi jika dibandingkan H.. sehingga pasangan elektron lebih tertarik kearah F, akibatnya akan terbentuk dipole-dipol atau terjadi pengkutuban (terbentuknya kutub antara H dan F).

B. Ikatan kovalen nonpolar

Ikatan kovalen nonpolar adalah ikatan kovalen yang terjadi antara 2 atom yang sama dan memiliki kelektronegatifan yang sama.

Titik muatan negative electron persekutuan berhimpit, sehingga pada molekul pembentuknya tidak terjadi momen dipole, dengan perkataan lain bahwa electron persekutuan mendapat gaya tarik yang sama.

Contoh H2


C. Ikatan kovalen koordinasi

Ikatan kovalen dengan pasangan elektron berasal dari satu atom disebut ikatan kovalen koordinasi. Jadi ikatan kovalen koordinasi adalah ikatan yang terjadi apabila pasangan electron yang dipakai bersama berasal dari salah satu atom yang membentuknya. Jadi disini terdapat satu atom pemberi pasangan electron bebas, sedangkan atom lain sebagai penerimanya. Ikatan kovalen koordinasi kadang-kadang dinyatakan dengan tanda panah (→) yang menunjukan arah donasi pasangan elektron.

Contoh BF3NH3

5B = 1s2 2s2 2p1

9F = 1s2 2s2 2p5

7N = 1s2 2s2 2p3

2. IKATAN KOVALEN TUNGGAL, IKATAN KOVALEN RANGKAP DUA DAN IKATAN KOVALEN RANGKAP 2. IKATAN KOVALEN TUNGGAL, IKATAN KOVALEN RANGKAP DUA DAN IKATAN KOVALEN RANGKAP TIGA

A. Ikatan kovalen tunggal

Ikatan kovalen tunggal terbentuk bila diantara atam-atom yang berikatan terdapat 1 pasangan elektron yang digunakan bersama.

Contoh CH4

6C = 2 4

= 1s2 2s2 2p2

1H= 1

= 1s1

B. Ikatan kovalen rangkap dua

Ikatan kovalen rangkap dua terbentuk bila diantara atam-atom yang berikatan terdapat pasangan elektron yang digunakan bersama.

Contoh O2

8O = 2 6

= 1s2 2s2 2p4

O2 : O = O



C. Ikatan kovalen rangkap tiga

Ikatan ini terbentuk bila diantara atom-atom yang berikatan terdapat 3 pasangan elektron yang digunakan bersama.

Contohnya adalah N2

7N = 2 5

= 1s2 2s2 2p3


http://www.rajman.co.cc/2010/03/ikatan-kovalen.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar