Rabu, 06 Oktober 2010

Langkah-langkah penggunaan corong buchner


1)Cuci bersih corong buchner yang akan digunakan.
2)Kertas saring yang akan digunakan (whatman 42) ditimbang dahulu, kemudian catat
massanya.
3)Kertas saring dipasang di atas pori-pori corong buchner, dengan cara menyesuaikan ukuran kertas saring dengan bentuk corong buchner, untuk membantu pemasangan kertas saring dapat dibantu dengan menyemprotkan aquadest sehingga dapat melekat pada dinding corong buchner.
4)Corong buchner yang telah siap digunakan kemduian dihubungkan dengan labu, dan kemudian labu ini dihubungkan dengan water jet ejector.
5)Kemudian rangkaian alat di periksa dahulu apakah sudah terpasang dengan baik, apa
belum, kemudian keran air dijalankan, dan labu menjadi vakum.
6)Setelah itu proses penyaringan dapat dilakukan, tuangkan campuran larutan yang mengandung kristal-kristal yodoform kedalam corong buchner dibantu dengan batang pengaduk. Fungsi dari batang pengaduk adalah untuk mengarahkan jatuhnya padatan pada corong buchner, sehingga tidak tersebar kemana-mana.
7)Jika labu dalam keadaan vakum, maka larutan akan cepat terpisah dengan padatannya, jika larutan tidak cepat terpisah, maka labu belum vakum sepenuhnya. Hal ini dapat dikarenakan oleh sambungan-sambungan yang kendur antar instrumen, jadi rangkaian alat harus di cek ulang.
8)Setelah smua kristal-kristal tersaing, diamkan sejenak agar semua larutan benar-benar tersaring, kemudian matikan air, dan corong buchner dapat dipisahkan dari labu.
9)Kertas saring yang sudah terdapat kristal yodoform, lalu di angkat dengan perlahan-lahan (dapat menggunakan spatula untuk bantuan) dan dipindahkan ke cawan penguapan untuk selanjutnya dikeringkan dalam oven.

1 komentar: